Muhamad Fadli Pratama, Peraih Juara Pertama Pengabdian Masyarakat

Muhamad Fadli Pratama, Peraih Juara Pertama Pengabdian Masyarakat Kabupaten Bogor dari Universitas Pakuan

Pada 28 Oktober 2022 yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor memberikan penghargaan untuk para juara dari peserta yang mengikuti program "Awardee Mengabdi" yang diselenggarakan oleh DISPORA Kabupaten Bogor. Muhamad Fadli Pratama yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pakuan, mendapatkan Juara 1 Pengabdian Masyarakat Kategori Perorangan dalam program "Awardee Mengabdi" . Sebelumnya Fadli selaku penerima Beasiswa Pancakarsa mengikuti program ini dengan melalui berbagai penilaian. Beberapa penilaian tersebut yakni Pembuatan Video Pengabdian Masyarakat, Penilaian pengabdian, dan verifikasi kegiatan sebagai penilaian akhir untuk menentukan juara dalam program "Awardee Mengabdi“ yang dilaksanakan di Hotel Bogor Indah Nirwana, Megamendung, Kabupaten Bogor.

Program ini mendorong para mahasiswa awardee beasiswa pancakarsa untuk dapat berkontribusi dilingkungan masyarakat, dengan harapan dapat memberikan dampak positif pada lingkungan masyarakat dengan kiprah yang dilakukan. Adapun Fadli telah melakukan pengabdian di lingkungan masyarakat selama lebih dari 2 tahun, yang menjadikan pengabdian tersebut telah memberikan kontribusi dan dampak positif pada lingkungan masyarakat. Fadli yang juga merupakan warga Desa Gunungputri memberikan kontribusinya dengan membawa program edukasi dan literasi berbasis inklusi sosial untuk melahirkan sebuah terobosan baru untuk diaplikasikan dalam rancangan dan pelaksanaan kegiatan Taman Baca Masyarakat. Terobosan tersebut diterjemahkan dalam sebuah pengaplikasian program di lima Taman Baca masyarakat yang dimiliki dan dikelola oleh fadli dengan menghasilkan realisasi dampak berupa pengembangan potensi masyarakat seperti melahirkan komoditas pertanian baru, menciptakan ekonomi sirkular dalam kolaborasi antara komoditas pertanian dan UMKM, serta sinergitas masyarakat yang diterjemahkan dalam sebuah kekuatan dan tanggung jawab bersama dalam menyelenggarakan peran edukasi dan literasi didalam masyarakat. Selain itu Fadli turut mengkolaborasikan instansi-instansi terkait yang turut serta mendukung pengaplikasian program yang telah dirancang oleh fadli seperti Pemerintah Desa Gunungputri, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor, dan Pustaka Kementerian Pertanian.

Berkenaan dengan program-program yang telah dilaksanakan, Fadli sukses menjadi Juara Duta Baca Kabupaten Bogor dengan memperkenalkan berbagai konsep berbasis pada Edukasi dan Literasi masyarakat, menjadi Delegasi untuk berbicara mewakili Pemerintah Desa Gunungputri dan berbagai Instansi dalam forum dan rapat instansi seperti Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor dan Pustaka Kementerian Pertanian, serta menjadi narasumber untuk kegiatan edukasi dan literasi. Dengan keberhasilan tersebut, fadli bertekad untuk terus berkiprah untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan masyarakat sebagai langkah konkrit bekontribusi di lingkungan masyarakat. Rektor Universitas Pakuan turut menyaksikan penyerahan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan, kepada Fadli sebagai Juara 1 Pengabdian Masyarakat dalam program "Awardee Mengabdi". Rektor Universitas Pakuan turut memberikan selamat dan apresiasi besar terhadap pencapaian yang telah fadli lakukan dan dapatkan, serta turut berharap kontribusi yang dilakukan dapat diaplikasikan secara luas.

Hubungi Kami

Alamat:
Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143. INDONESIA.

  • Phone: 0251 - 8375 608
  • Email: fkip@unpak.ac.id

Lokasi Kampus