Program Studi Pendidikan Biologi Melaksanakan Kegiatan Dosen Go To School di SMAN 1 Tenjolaya

Program studi pendidikan biologi, FKIP, Universitas Pakuan merupakan program akademik yang berperan penting dalam menghasilkan guru biologi yang berkualitas dan mampu menginspirasi serta memberikan pemahaman yang mendalam kepada generasi muda. Dalam menjunjung tridharma perguruan tinggi, program studi pendidikan biologi mengadakan kegiatan Dosen Go To School sebagai salah satu program pengabdian kepada masyarakat. Program pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk melibatkan dosen beserta mahasiswa dalam kegiatan yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Hal ini bertujuan agar dosen serta mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dalam bidang ilmu biologi dan pendidikan melalui konteks nyata.

Kegiatan Dosen Go To School ini diselenggarakan pada hari Senin, 16 Oktober 2023 di SMAN 1 Tenjolaya yang dihadiri oleh siswa dan siswi kelas XII MIPA beserta guru yang terlibat. Kegiatan diawali dengan sambutan kepala SMAN 1 Tenjolaya yaitu Ibu Dra. Herlina Kriswinarniary, M.M dan dilanjutkan dengan sambutan ketua program studi pendidikan biologi yaitu Ibu Dr. Rita Istiana, S.Si, M.Pd. Kegiatan selanjutnya pemaparan materi bioteknologi oleh Bapak Lufty Hari Susanto, M.Pd dan Bapak M. Taufik Awaludin, M.Pd . Dalam kegiatan tersebut, siswa dan siswi di SMAN 1 Tenjolaya berkesempatan untuk mengetahui dan manambah pengetahuan terkait bioteknologi, perbedaan bioteknologi konvensional dan modern beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari serta proses pengaplikasian bioteknologi. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung secara menyenangkan karena mahasiswa sangat antusias untuk mengajukan pertanyaan terkait bioteknologi.

Kegiatan selanjutnya yaitu pemaparan materi sex education oleh Ibu Dr. Rita Istiana, S.Si, M.Pd. Melalui pemaparan materi mengenai sex education , siswa dan siswi di SMAN 1 Tenjolaya dapat mengetahui terkait organ reproduksi, gangguan atau penyakit yang dapat menginfeksi organ reproduksi serta cara menangani dan merawat organ reproduksi. Tujuan utama dari pemaparan materi sex education yaitu untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman dan perilaku yang sehat dalam konteks seksual agar dapat mengurasi risiko terkait dengan seksualitas di kalangan generasi muda. Siswa dan siswi di SMAN 1 Tenjolaya sangat aktif, responsif dan bersemangat sehingga interaksi saat pembelajaran antara dosen dan siswa berlangsung secara komunikatif.

Kegiatan Dosen Go To School sebagai program pengabdian kepada masyarakat memberikan banyak manfaat khususnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terkait materi yang diajarkan oleh dosen. Selain itu, dapat memberikan wawasan dan pengalaman yang berharga bagi siswa dan siswi yang terlibat dalam kegiatan ini. Kegiatan Dosen Go To School pula memberikan informasi kepada siswa dan siswi terkait profil perguruan tinggi dan jalur pendidikan yang tersedia khususnya di program studi pendidikan biologi, FKIP, Universitas Pakuan. Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan oleh program studi pendidikan biologi dalam menjalin dan menjaga hubungan yang baik dengan lembaga sekolah yang terlibat.

Hubungi Kami

Alamat:
Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143. INDONESIA.

  • Phone: 0251 - 8375 608
  • Email: fkip@unpak.ac.id

Lokasi Kampus