Pendampingan Konsep Biologi Melalui Pendekatan Holistik Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa

Pendampingan Konsep Biologi Melalui Pendekatan Holistik Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa (PKM Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan)

FKIP, UNPAK — Visi Pembangunan Pendidikan Nasional 2025 adalah “Menghasilkan Insan Indonesia Cerdas Komprehensif dan Kompetitif (Insan Kamil/ Insan Paripurna)”. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, maka sekolah menjadi salah satu wadah dan ujung tombak bagi terciptanya kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Biologi merupakan salah satu bidang IPA yang didefinisikan sebagai proses ilmiah, sikap ilmiah, dan produk ilmiah.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh siswa dalam belajar biologi adalah siswa harus dilatih dan mampu membedakan konsep yang satu dengan konsep yang lain untuk dapat belajar konsep. Pendekatan holistik adalah suatu pendekatan yang mengembangkan seluruh potensi siswa secara harmonis (terpadu dan seimbang), meliputi potensi intelektual (intellectual), emosional (emotional), phisik (physical), sosial (sosial), estetika (aesthetic), dan spiritual. Masing-masing potensi dikembangkan secara harmonis tanpa adanya ketimpangan.

Seseorang yang mampu mengembangkan seluruh potensinya secara holistik, maka ia mampu menjadi seorang pembelajar sejati yang selalu menyadari bahwa dirinya merupakan bagian dari sebuah sistem kehidupan yang luas, sehingga selalu ingin memberikan kontribusi positif dan terbaik kepada lingkungannya.

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan sebagai lembaga pendidikan tinggi merasa perlu terlibat dalam upaya pengembangan kemampuan dan potensi peserta didik di sekolah. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Program Studi Pendidikan Biologi berusaha untuk memberikan pendampingan bagi siswa SMA melalui pendekatan holistik yang menitikberatkan pada penguasaan teori dan praktik untuk menumbuhkan perkembangan peserta didik dalam memahami konsep biologi.

Tujuan dari kegiatan ini antara lain yaitu : Memberikan pendampingan konsep biologi melalui pendekatan holistik untuk meningkatkan kompetensi peserta didik, Mengembangkan berbagai kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh peserta didik baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor, dan Memberikan pengalaman belajar peserta didik yang bermakna dan kontekstual.

Kegiatan pendampingan ini terdiri dari beberapa program kegiatan, antara lain yaitu : 1) Edukasi Pembelajaran Biologi melalui “Bioskop Mini”, 2) Open Lab Biology, 3) Dosen Go to School, 4) Pendampingan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Biologi SMA, dan 5) Pendampingan Penguasaan Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Miskonsepsi Pada Materi Biologi.

Kegiatan pendampingan pertama terlaksana di SMAN 1 Tamansari Kabupaten Bogor pada hari Rabu 23 Februari 2022. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu Dosen Go to School dan Pendampingan KSN Biologi bagi siswa SMAN 1 Tamansari. Kegiatan tersebut melibatkan empat orang dosen Pendidikan Biologi, dua orang guru Mapel Biologi, 56 siswa peserta Dosen go to School dan 5 orang siswa peserta Pendampingan KSN Biologi.

Respon dari peserta kegiatan cukup antusias, termasuk dukungan dari pihak sekolah yang memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Selain itu, Program Studi Pendidikan Biologi juga membuka kesempatan bagi sekolah lainnya yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan pendampingan tersebut, sebagai bentuk pengabdian civitas Prodi Pendidikan Biologi terhadap peningkatan kompetensi siswa di bidang biologi serta memberikan wahana dan pengalaman belajar baru bagi peserta didik yang bermakna dan kontekstual.

Hubungi Kami

Alamat:
Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143. INDONESIA.

  • Phone: 0251 - 8375 608
  • Email: fkip@unpak.ac.id

Lokasi Kampus