Flipbook Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru MGMP

Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Bogor

Salah satu tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Pakuan menyelenggarakan PkM pada (Senin, 24 Oktober 2022). Kegiatan dilaksanakan di aula SMAN 1 Bogor pukul 08.00-12.00 WIB.

Kegiatan tersebut bertema “Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook dalam Meningkatkan Kompetensi Guru MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Bogor” yang diikuti oleh 28 guru Bahasa Indonesia dari beberapa SMA di Kota Bogor.

Kegiatan dibuka oleh Dr. R. Bambang Aryan Soekisno, M.Pd., selaku kepala SMAN 1 Kota Bogor, R.Yanti Mulya, S.Pd., selaku ketua MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Bogor, dan Rina Rosdiana, M.Pd., selaku perwakilan dari Universitas Pakuan.

Pengabdian tersebut diketuai oleh Stella Talitha, M.Pd., dengan anggota Rina Rosdiana, M.Pd., Ruyatul Hilal Mukhtar, M.Pd., dan Suhilman (mahasiswa semester 7).
Dalam sambutannya, Dr. Bambang menyampaikan bahwa, “Pihak sekolah dan guru merasa senang dapat bekerja sama dengan instansi universitas. dengan adanya pelatihan seperti ini dibutuhkan oleh para guru.

Semoga kegiatan ini akan terus berjalan demi menunjang kompetensi guru terutama di bidang IT,” tutur Dr. Bambang dalam pembukaan acara.
“Pengabdian ini difokuskan kepada pengembangan dan praktik penyusunan bahan ajar yang bersifat digital yaitu menggunakan aplikasi canva dan heyzine untuk membuat bahan ajar flipbook,” terangnya.

“Satu Minggu sebelum kegiatan ini dilaksanakan, narasumber sudah meminta pihak MGMP atau peserta untuk menyiapkan materi atau bahan ajar yang akan digunakan sebagai bahan pelatihan hari ini. Sehingga, peserta dapat langsung mempraktikannya bersama,” lanjutnya.

Pemaparan materi diawali dengan penjelasan narasumber mengenai konsep bahan ajar Bahasa Indonesia secara umum. Kemudian, pembicara berikutnya membimbing peserta pelatihan untuk mempraktikan bahan ajar digital.

Dimulai dari mengunduh aplikasi sampai tata cara publikasi hasil bahan ajarnya. Kegiatan ini berlangsung interaktif dan menyenangkan, hampir semua peserta antusias mengikuti pelatihan tersebut.

Menurut salah satu peserta, menyatakan bahwa bahan ajar flipbook ini merupakan media baru dan menarik untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran di kelas nanti. Di akhir sesi, narasumber meminta peserta mengumpulkan hasil penyusunan bahan ajar flipbook dan akan di-haki-kan.

Hubungi Kami

Alamat:
Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143. INDONESIA.

  • Phone: 0251 - 8375 608
  • Email: fkip@unpak.ac.id

Lokasi Kampus