Mahasiswa FKIP Unpak Laksanakan Penyuluhan Budaya Literasi di SD Melati Tunas Bangsa

FKIP, UNPAK — Penyuluhan Bahasa adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa semester 7 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pakuan Bogor.

Tim dosen penyuluhan bahasa berniat melakukan penyuluhan secara tatap muka dengan melibatkan mahasiswa sebagai panitia dalam menyukseskan acara.

Sejak awal berdirinya Prodi PBSI, penyuluhan bahasa dilakukan secara tatap muka dengan mengunjungi daerah yang gurunya memerlukan penyuluhan dan bersedia bekerja sama dengan program studi kami.

Namun karena pandemi, dengan berat hati tahun lalu kami melakukan penyuluhan secara daring. Atas izin Allah dan semangat tim dosen beserta para mahasiswa semester 7 pada hari Rabu, 26 Janari 2022 kami dapat melakukan penyuluhan bahasa secara tatap muka dengan menerapkan prokes ketat dan tentunya menjaga jarak.

Penyuluhan bahasa dilaksanakan di SD Melati Tunas Bangsa yang berlokasi di Kecamatan Megamendung atas izin ketua Yayasan, Ibu Tekky Rachmat juga kepala SD Melati Tunas Bangsa, Bapak Aris Winanto, S.E dan dihadiri oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah se-Kecamatan Megamendung, acara dibuka oleh Koordinator Layanan Pendidikan Formal dan Nonormal Drs. H. Ade Tatang Risyadi, M.M.

Peserta penyuluhan bahasa 2022 dihadiri oleh 150 peserta, yang terdiri atas kepala sekolah, operator, dan guru di Kecamatan Megamendung dengan 127 penyuluh yang terdiri dari mahasiswa semester 7 dan dosen pembimbing.

Tema penyuluhan bahasa tahun ini adalah “Penyuluhan Bahasa sebagai Bentuk Peduli Budaya Literasi (Baca Tulis, Informasi, dan Digital) dalam Mendukung Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) “

Tujuan dari kegiatan Penyuluhan Bahasa adalah untuk melaksanakan tridarma perguruan tinggi terutama dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, memperkuat peran dan fungsi bahasa Indonesia bagi tenaga pendidik, dan sebagai praktik wajib mahasiswa semester 7 dalam mata kuliah penyuluhan Bahasa.

Rangkaian acara dimulai dari pembukaan yang dilaksanakan di Aula SD Melati Tunas Bangsa kemudian pelaksanaan penyuluhan dibagi menjadi 10 ruangan. Ruangan 1 diperuntukkan para kepala sekolah, ruangan 2 para operator sekolah, dan ruangan 3-10 para guru SD se-Kecamatan Megamendung.

Acara berlangsung sukses dan meriah, Fikri Haikal Maulana selaku ketua pelaksana menyampaikan rasa syukur dengan berkata “Saya sangat berterima kasih kepada tim dosen penyuluhan bahasa, panitia penyuluhan bahasa dan rekan semester 7 karena sudah berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan penyuluhan bahasa.

Saya lihat guru-guru pun menikmati seluruh rangkaian acara dan sangat mendukung kami selaku penyuluh yang masih perlu banyak belajar agar menjadi pendidik yang lebih baik. Penyuluhan bahasa diakhiri makan bersama dan foto bersama dengan suasana haru dan bahagia karena momennya yang langka. (Dan)

 

*Source: https://jabaronline.com

Hubungi Kami

Alamat:
Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143. INDONESIA.

  • Phone: 0251 - 8375 608
  • Email: fkip@unpak.ac.id

Lokasi Kampus