Dosen & Mahasiwa Membantu Guru Menerapkan Model Aplikasi Pembelajaran Terkini

Webinar Language Service: Dosen dan Mahasiwa Membantu Guru Menerapkan Model dan Aplikasi Pembelajaran Terkini dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Abad ke-21

FKIP, UNPAK — Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan menggelar kegiatan rutin berbentuk Webinar dengan tema “Advancing Teachers’ Professionalism in Integrating Teaching Models and Learning Applications to Promote Students’ 21st Century Skills”.

Language Service sendiri merupakan acara rutin program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang biasa dilaksanakan pada akhir semester 7. Kegiatan ini adalah kegitatan seminar yang dilaksanakan secara luring sebelum pandemi, dengan melibatkan seluruh mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah language service. Webinar Language Service kali ini bertajuk pengenalan dan penggunaan model dan aplikasi pembelajaran terkini yang dapat mempromosikan skill abad ke-21.

Pada Webinar Language Service ini terdapat empat room yang berbeda yang difasilitasi oleh masing-masing kelas Language Service dengan dibantu oleh para dosen pengampu. Masing-masing room Webinar pun mengenalkan aplikasi yang terhitung belum banyak digunakan khalayak guru saat ini.

Di dalam Webinar Language Service Room A mengenalkan aplikasi EssayBot yang membantu kita di dalam menulis essay. Sementara Webinar Language Sercivice Room C mengenalkan aplikasi Live WorkSheets yang dapat membantu kita di dalam membuat materi dan soal agar lebih interaktif dengan berbagai macam jenis aktivitas seperti drag and drop, matching, multiple choice, dll.

Untuk Webinar Language Sercivice Room D mengenalkan aplikasi NearPod yang mengenalkan kita ruang virtual, dimana pengajar dapat membuat sebuah presentasi yang berisikan gambar, teks, video, bahkan kuis untuk dimainkan bersama.

Acara Webinar Language Service ini telah dihadiri oleh lebih dari 100 peserta guru baik dari Guru Bahasa Inggris juga Guru Umum dari berbagai daerah dan juga dihadiri oleh seluruh Ketua Program Sudi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Kegiatan Language Service ini dilaksanakan pada 29 Januari 2022 pukul 09:00 WIB. Diawali dengan menyanyikan lagu indonesia raya dengan dilanjutkan sambutan sambutan kemudian di akhiri dengan doa. Sambutan yang pertama di sampaikan oleh kepala dari Program studi pendidikan bahasa inggris, ibu Istiqlaliah Nurul Hidayati M.Pd., dan di lanjutkan dengan sambutan kedua yang di sampaikan oleh Dekan fakultas FKIP, bapak Dr. Eka suhardi M,Si sekaligus meresmikan pembukaan acara dari webinar Language Service.

Acara pembukaan Language Service pun diakhiri dengan pengarahan oleh MC untuk memasuki link Zoom telah ditentukan pembagiaannya oleh panitia dan dibagikan pada grup WhatsApp peserta.

Webinar Language Service ini berakhir pada pukul 11.15 pada masing-masing room mulai dari A sampai D dengan sedikit tambahan dari dosen pengampu yaitu Ibu Istiqlaliah Nurul Hidayati, M.Pd., Bapak Abdul Rosyid, M.Pd., Ibu Mursidah Rahmah, M.Pd., dan Ibu Poppy Sofia Hidayati, M.Pd. lalu ditutup oleh pembawa acara dari kelas masing-masing.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendididkan Bahasa Inggris sebagai upaya untuk menyebarkan informasi dan pengetahuan paling update kepada para guru-guru,” ujar Istiqlaliah. (Dan)

*Source: https://jabaronline.com

Hubungi Kami

Alamat:
Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143. INDONESIA.

  • Phone: 0251 - 8375 608
  • Email: fkip@unpak.ac.id

Lokasi Kampus