Layanan Bimbingan dan Konseling Siswa Dalam Program Merdeka Belajar

FKIP, UNPAK — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan telah menyelenggarakan kegiatan Webinar Nasional dengan Tema “Layanan Bimbingan dan Konseling Siswa dalam Program Merdeka belajar”, pada hari Sabtu, 23 April 2022 pukul 09.00 – 11.30 WIB.

Tujuan dari kegiatan sebinar ini yaitu: Memberikan informasi secara komprehensif kepada guru BK mengenai bentuk layanan bimbingan dan konseling yang tepat bagi siswa dalam program Merdeka Belajar.

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta berjumlah 486 orang yang didominasi oleh para guru BK dari berbagai wilayah di Indonesia, serta dihadiri pula oleh mahasiswa, dosen, instansi pendidikan serta masyarakat umum lainnya.

Kegiatan ini juga didukung oleh beberapa Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN), antara lain : ABKIN Jakarta, ABKIN Banten dan ABKIN Lampung.

Kegiatan webinar dibuka langsung oleh Dekan FKIP Universitas Pakuan, Dr. Eka Suhardi, M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Keynote Speaker oleh Rektor Universitas Pakuan yakni Prof. Dr. H. Bibin Rubini, M.Pd.

Materi inti disampaikan oleh Narasumber yakni Prof. Dr. Uman Suherman AS., M.Pd. selaku Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia di bidang bimbingan dan konseling.

Pemateri menyampaikan pentingnya peran guru BK dalam mendukung Program Merdeka Belajar terutama dalam pembentukan minat, bakat dan karakter siswa di sekolah.

Seorang Guru perlu untuk mengidentifikasi bakat setiap siswanya supaya dapat memberikan pengarahan dan mengembangkannya sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.

Setiap anak memiliki bakat dan kepribadian yang berbeda, sehingga mendidik anak merupakan hal yang menarik dan unik.

Selain itu seorang Guru BK dapat mengoptimalkan perannya sebagai agen perubahan, sebagai agen pencegahan, sebagai konselor/terapis, sebagai konsultan, sebagai koordinator, sebagai asesor dan sebagai pengembang karir.

Dalam kegiatan ini pula, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan memberikan apresiasi kepada lima orang Guru BK yang berasal dari lima sekolah penyumbang siswa terbanyak yang studi lanjut ke FKIP Universitas Pakuan pada tahun 2021.

Apresiasi ini diberikan sebagai bentuk penghargaan dan dedikasi guru BK yang memberikan kepercayaan kepada FKIP Universitas Pakuan sebagai lembaga tinggi yang memiliki komitmen dalam mencetak calon guru yang professional.

FKIP Universitas Pakuan melalui Unit BK yang ada di dalamnya juga berkomitmen untuk melakukan kerjasama dengan para guru BK di setiap sekolah dalam upaya peningkatan layanan bimbingan dan konseling bagi siswa di era merdeka belajar saat ini.

*Version: PDF file

 

Hubungi Kami

Alamat:
Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143. INDONESIA.

  • Phone: 0251 - 8375 608
  • Email: fkip@unpak.ac.id

Lokasi Kampus