FKIP Universitas Pakuan - Bogor, 5 Agustus s.d 10 September 2025 tim Peneliti Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan telah menyelenggarakan “Program Pelatihan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Design Thinking Calon Guru Biologi”. Pelatihan ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan keterampilan design thinking calon guru biologi. Dengan memiliki keterampilan design thinking yang baik, maka calon guru biologi diharapkan dapat lebih kreatif dan inovatif dalam merancang pembelajaran STEM yang menjadi kebutuhan di bidang Pendidikan saat ini. Adapun tujuan khusus dari kegiatan ini adalah agar calon guru mampu:
- Memahami konsep dasar STEM dan design thinking secara komprehensif.
- Mengidentifikasi dan merumuskan masalah nyata terkait pembelajaran STEM secara kritis.
- Merancang solusi kreatif berbasis pendekatan STEM.
- Mengembangkan prototipe perangkat pembelajaran biologi menggunakan pendekatan STEM.
- Menguji dan mengevaluasi prototipe perangkat pembelajaran di sekolah.
Sasaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2023 yang telah menempuh 4 semester. Hal ini didasarkan pada kecukupan mata kuliah kependidikan dan sains yang telah mereka jalani, sehingga dinilai kompeten untuk mengikuti pelatihan.
Pelatihan dilaksanakan dalam empat tahap:
Tahap 1 – Conceptual Understanding yang dilaksanakan di Aula FKIP Universitas Pakuan, Kegiatan diawali pembukaan yang secara resmi dibuka oleh Dekan FKIP, Dr. Eka Suhardi, M.Si. Tahap ini menghadirkan narasumber Ibu Murni Ramli, S.P., M.Si., Ed.D. Peserta mendapatkan penguatan konsep dasar STEM dan design thinking, termasuk lima elemen utamanya: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Melalui materi yang disampaikan, calon guru diarahkan untuk melihat pembelajaran biologi dari perspektif baru yang lebih inovatif, integratif, dan aplikatif.
Tahap 2 – STEM-Design Thinking Practice yang dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2025 yang bertempat masih di Aula FKIP Universitas Pakuan, tahap ini menghadirkan narasumber Pramudya Dwi Aristya Putra, Ph.D. Peserta dilatih untuk melaksanakan project STEM terkait fenomena biologi/sains secara berkelompok. Mereka menerapkan tahapan design thinking dalam merancang dan menyelesaikan proyek tersebut, sekaligus mendapatkan pemahaman tentang konsep pendidikan STEM dan perancangan pembelajaran biologi berbasis STEM Design Thinking. Pada tahap ini, calon guru mengembangkan bahan ajar biologi berbasis STEM dengan menerapkan tahapan design thinking Dimulai dari empathize dengan melakukan wawancara bersama lima guru mitra yaitu Ibu Nury Nuryada Aradea, S.Si, M.Pd (SMAN 1 Ciomas), Ibu Embang Mawati, S.Pd, M.Pd (SMAN 1 Megamendung), Ibu Evi Sukenti, M.Pd. ( SMAN 4 Cibinong), Ibu Dian Rosdiana Dahlan, S.Pd., M.Pd (SMAN 1 Cigombong) dan Ibu Lina Widiastuti, M. Pd ( SMAN 1 Cibungbulang), kemudian define untuk menetapkan konsep biologi dan merumuskan tantangan pembelajaran
Tahap 3 – Lesson Plan Development yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2025 yang bertempat di aula FKIP Universitas Pakuann. Selanjutnya, mereka melalui tahap ideate untuk menghasilkan ide kreatif, prototype berupa modul ajar biologi berbasis STEM, hingga pendampingan dalam proses revisi dan penyempurnaan modul ajar.
Tahap 4.1 – Lesson Plan Implementation yang dilaksanakan pada tanggal 9 september 2025, tahap uji coba dilaksanakan di SMAN 1 Ciomas Kabupaten Bogor, dengan guru mitra Ibu Nury Nuryada Aradea, S.Si., M.Pd. Calon guru berkolaborasi dengan guru mitra untuk mengimplementasikan prototype perangkat pembelajaran biologi berbasis STEM. Proses ini juga melibatkan observer dari Tim peneliti dan mahasiswa sebagai calon guru.
Tahap 4.2 – Lesson Plan Evaluation Sebagai penutup, kegiatan dilaksanakan pada tanggal 10 september 2025 di Aula FKIP Universitas Pakuan. Peserta melaksanakan refleksi, evaluasi, dan revisi rancangan bahan ajar berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan di sekolah mitra. Tahap ini menjadi momentum penting untuk memperbaiki serta menyempurnakan modul ajar agar lebih sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di sekolah.
Rangkaian kegiatan pelatihan STEM ini berjalan dengan lancar dan mendapat respons positif dari para peserta. Dengan adanya program ini, diharapkan calon guru biologi Universitas Pakuan tidak hanya memiliki penguasaan teori, tetapi juga keterampilan praktis dalam mengembangkan dan mengimplementasikan perangkat pembelajaran berbasis STEM yang kreatif, solutif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa di lapangan.