Pelepasan KKN Tematik 2024 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

FKIP- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan telah mengadakan kegiatan pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2024, sekaligus memperingati 40 tahun penyelenggaraan KKN. Kegiatan ini akan dilaksanakan dari 16 Juli hingga 14 Agustus 2024, dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Inovasi Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Lingkungan dan Penyuluhan Melalui Kuliah Kerja Nyata."

Acara pelepasan ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Dosen, dan para mahasiswa yang akan berpartisipasi dalam program KKN. Sebanyak 216 mahasiswa dari berbagai program studi, termasuk Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan IPA, akan terlibat dalam kegiatan ini. Selain itu, 25 Dosen akan berperan sebagai pembimbing lapangan.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Pakuan menyampaikan apresiasinya terhadap semangat dan dedikasi para mahasiswa dan dosen yang terlibat. "KKN Tematik 2024 ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat," ujarnya.

Mahasiswa yang mengikuti KKN Tematik 2024 akan ditempatkan di Kabupaten Bogor (2 kecamatan) dan Kabupaten Sukabumi (3 kecamatan). Di Kabupaten Bogor, mereka akan beroperasi di Kecamatan Caringin dan Kecamatan Cigombong, masing-masing terdiri dari 5 desa. Sementara di Kabupaten Sukabumi, kegiatan KKN akan dilaksanakan di Kecamatan Cicurug, Cidahu, dan Cibadak, masing-masing juga terdiri dari 5 desa.

Selain program KKN Reguler, terdapat juga mahasiswa yang sudah terkonversi pada berbagai kegiatan lain, seperti MBKM Pertukaran Mahasiswa ke Universitas Mataram, MBKM Pertukaran Mahasiswa ke UNDHIKSA Bali, Magang KEDAIREKA 2023, MBKM Kampus Mengajar 2023, KKNT LLDIKTI IV Jawa Barat 2024, dan PPK ORMAWA 2024.

Dalam rangkaian kegiatan ini, pada tanggal 29 Juli hingga 2 Agustus 2024 akan diadakan monitoring lapangan untuk memastikan program berjalan dengan baik. Selain itu, KKNT 2024 mewajibkan 25 kelompok mahasiswa untuk mendirikan DESA PUSTAKA sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat berbasis literasi.

Acara pelepasan ditutup dengan serangkaian doa dan harapan agar program KKN Tematik 2024 dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat serta mahasiswa yang terlibat.

Dengan semangat pengabdian dan inovasi, Universitas Pakuan melalui FKIP terus berkomitmen mendidik mahasiswa yang cerdas secara akademis dan peduli terhadap lingkungan sosialnya. Program KKN Tematik 2024 ini diharapkan menjadi inspirasi bagi generasi mendatang dalam mengembangkan budaya pengabdian kepada masyarakat.

Hubungi Kami

Alamat:
Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143. INDONESIA.

  • Phone: 0251 - 8375 608
  • Email: fkip@unpak.ac.id

Lokasi Kampus