PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SLIDE POWERPOINT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan sebagai upaya meningkatkan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dilakukan untuk merealisasikan tri dharma perguruan tinggi yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian yang dilakukan tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama yang terjalin antara program studi PGSD dan SD yang ada di Kota Bogor, salah satunya SDN Pengadilan 2. Materi dari pengabdian yang menekankan pada pendampingan ini adalah pembuatan slide powerpoint berbasis ICT.

Pendampingan pembuatan media pembelajarn slide powerpoint interaktif ini diikuti oleh 21 orang guru Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 2 dan Pengadilan 5 Kota Bogor. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada Akhir bulan Desember 2018. Setelah dilakuakan observasi awal, maka dilakukan diskusi dengan kepala sekolah sebagai mitra, dan guru bidang kurikulum yang ditunjuk oleh kepala sekolah. Tahap berikutnya adalah menetukan pelaksanaan pendampingan pembuatan media  pembelajaran slide powerpoint interaktif, yang ditentukan pelaksanaannya pada hari Kamis, 11 Januari 2019.

Pelaksanaan kegiatan pendampingan pembuatan media pembelajaran slide powerpoint interaktif yang dilakukan pada hari Kamis, 11 Januari 2019 dimulai pada pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.  Kegiatan pendampingan pembuatan media pembelajaran slide powerpoint interaktif bertujuan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya penggunaan media pembelajaran sehingga para guru dapat membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi dengan aplikasi atau program powerpoint. Pelaksanaan berjalan lancar dengan respon yang positif. Para guru menydari  pentingnya penggunaan media pembelajaran yang harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Kebutuhan akan pendampingan ini dibuktikan akan antusisme peserta pendampingan yang mengikuti dari awal hingga akhir dan mereka membuat slide dengan tema yang disesuaikan dengan materi ajar di kelas yang mereka ajar.  Para guru menyadari perlunya inovasi dan kreativitas dalam pembelajaran yang nantinya akan memberikan motivasi dan hasil belajar yang meningkat pada peserta didik.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Alamat: Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor. Jawa Barat 16143. Indonesia | Telp: 0251-8375608 | Fax: 0251-8375608 | Email: fkip@unpak.ac.id