Dalam rangka meminimalisasi plagiarisme dan meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mengadakan Pelatihan Menulis Karya Ilmiah berbasis Mendeley. 
Pelatihan diadakan pada hari Rabu, 7 Februari 2018 pukul 10.00 -12.30 WIB di ruang Laboratorium PGSD. Jumlah dosen yang hadir sesuai dengan undangan yaitu 28 orang, yang terdiri atas dosen-dosen Prodi PGSD dan dosen-dosen prodi lain di FKIP Universitas Pakuan.

Acara dibuka oleh sambutan dari Ibu Elly Sukmanasa, M. Pd. selaku Ketua Program Studi PGSD. Beliau mengatakan: "Diadakannya pelatihan ini agar meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis karya ilmiah berbasis mendeley, yakni sebuah perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan dalam penulisan penelitian dan  jurnal."

Pembicara dalam kegiatan ini yaitu Dr. Rais Hidayat, M. Pd. dan Dr. Yuyun Elizabeth, M. Pd.  Materi pelatihan berupa pengenalan sistem mendeley. Pada awal penyampaian materinya, pembicara menjelaskan tentang definisi dan fungsi Mendeley.

Selanjutnya pembicara memberikan arahan untuk mendownload aplikasi Mendeley dan menjelaskan fungsi dari Mendeley, yaitu untuk menulis sitasi (reference manager), dan Mendeley juga memiliki fungsi sebagai repository.

 

Profile Pembicara:
1. Dr. Rais Hidayat, M.Pd, 
Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan .
Dosen  Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pakuan. 
Kepala pusat Kantor Urusan Internasional 2017- sekarang. 
Sekretaris Yayasan Indonesia Pasti Bisa 2014-sekarang.
 
2. Dr. Yuyun Elizabeth Patras, M.Pd, Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP dan Dosen  Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pakuan.
Sekretaris Yayasan Indonesia Pasti Bisa 2014-sekarang.
Kepala Pusat Kantor Urusan Internasional Universitas Pakuan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Alamat: Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor. Jawa Barat 16143. Indonesia | Telp: 0251-8375608 | Fax: 0251-8375608 | Email: fkip@unpak.ac.id