Penyelenggaraan KKN tahun 2012 sangat berbeda seperti biasanya. Tahun ini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan bekerjasama dengan Yayasan Damandiri (Dana Sejahtera Mandiri) dan P2SDM-LPPM IPB untuk mendirikan dan mengembangkan kuliah kerja nyata yang bertemakan KKN Tematik Posdaya. KKN Tematik Posdaya ini diselenggarakan di dua wilayah, yaitu Kota Bogor meliputi Bogor Selatan, Bogor Utara, Bogor Timur, Bogor Barat, dan Tanahsareal.

Sedangkan Kabupaten Bogor meliputi Kecamatan: Parungpanjang, Rumpin, Jasinga, Cigudeg, Leuwiliang, Cibungbulang, Tenjolaya, dan Sukaraja. Pengembangan Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) yang dilaksanakan di wilayah Bogor diarahkan sebagai forum silaturrahmi dan gerakan untuk melaksanakan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2010 yaitu menyebarkan informasi, memadukan sasaran, dan mendukung partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Program Pembangunan yang Berkeadilan.

KKN pada dasarnya menjadi wadah pembelajaran mahasiswa untuk memberdayakan masyarakat. Melalui KKN Tematik Posdaya wadah pembelajaran tersebut menjadi lebih lengkap, terpadu, dan terarah. Seperti yang diungkapkan oleh P2SDM IPB, bahwa Posdaya itu layaknya sebuah kalung mutiara yang bernilai sangat tinggi sehingga banyak orang menyukainya. Hal ini sejalan dengan respon/tanggapan masyartakat, melalui bidang yang ditawarkan, karakter bangsa seperti kegotongroyongan, keswadayaan, dan kemandirian jelas terlihat dan dirasakan dengan baik.

Bidang atau fokus kegiatan yang diprioritaskan oleh peserta KKN, FKIP, Universitas Pakuan dengan Yayasan Damandiri terdiri dari empat, yaitu bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang kesehatan, dan bidang lingkungan. Ini semua tentunya memiliki subfokus kegiatan, misalnya dalam ranah pendidikan, mahasiswa ada yang mendirikan/mengembangkan  PAUD dan mengadakan bimbingan belajar. Bidang ekonomi sangat banyak menghasilkan produk, baik berupa makanan (yang berasal dari hasil tani suatu desa) maupun membuat keterampilan tangan dengan memanfaatkan limbah rumah tangga. Bidang kesehatan biasanya masyarakat bergotong royong untuk mendirikan/mengembangkan Posyandu, Pos Lansia, dan penyuluhan kesehatan. Sedangkan pada bidang lingkungan dititkberatkan pada kerja bakti membersihkan dan menjaga lingkungan.

Dari sekian fokus kegiatan, tentunya memiliki manfaat yang sangat nyata, di antaranya adalah perubahan sudut pandang tentang pendidikan, munculnya aktivitas dan rasa dihargainya para lansia, masyarakat (ruang lingkup terkecil keluarga) sadar bahwa mereka bisa meningkatkan taraf hidupnya melalui wirausaha yang digelutinya, adanya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Alhamdulillah dengan adanya KKN yang bertemakan Tematik Posdaya, tentunya menghasilkan perubahan masyarakat kea rah yang lebih baik seperti yang tertera dalam visi Universitas Pakuan, unggul, mandiri, dan berkarakter. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada Posdaya, Yayasan Damandiri, P2SDM-LPPM IPB, selururuh sivitas akademika FKIP, Universitas Pakuan, dan seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung atas terselenggaranya KKN Tematik Posdaya.

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Alamat: Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor. Jawa Barat 16143. Indonesia | Telp: 0251-8375608 | Fax: 0251-8375608 | Email: fkip@unpak.ac.id