Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Pakuan, Bogor secara resmi memulai pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara daring.

Kegiatan PKKMB dibuka secara resmi pada hari Jumat, 17 September 2021 yang diikuti oleh 234 mahasiswa baru FKIP Universitas Pakuan. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari berturut-turut. PKKMB FKIP Universitas Pakuan 2021 ini mengusung tema “Membentuk Generasi Bermutu, Mandiri, dan Berkepribadian serta Adaptif dengan Revolusi Industri 4.0”.

Kegiatan PPKMB secara resmi dibuka oleh Dekan FKIP Universitas Pakuan, Dr. Entis Sutisna, M.Pd. Dalam kesempatan ini, beliau juga menyampaikan sambutannya. Menurut Dr. Entis Sutisna, M.Pd. , mahasiswa perlu memiliki kemampuan untuk berpikir kritis, berpikir logis, memiliki motivasi belajar, berpikir metaforis, selalu memiliki rujukan saat berbicara atau inference, dan mampu mengevaluasi.

“Anda belajar di FKIP ini tujuannya hanya dua yaitu untuk cermat dan bahagia. Orang yang bahagia itu perlu kerja keras, kalau kerja keras itu InsyaAllah akan sukses.”ujarnya.

Lebih lanjut, beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa FKIP perlu memiliki growth mindset yang menjadi faktor keberhasilan untuk berkembang dengan kerja keras, serta memiliki prinsip be better everyday.

Dalam PKKMB ini juga menayangkan video sambutan yang disampaikan oleh Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek). Dalam sambutannya, beliau mengajak seluruh mahasiswa untuk ambil bagian dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dimana program tersebut memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama tiga semester, tanpa harus dirugikan oleh aturan yang ada.

“Ada banyak program yang bisa diikuti oleh mahasiswa melalui MBKM tersebut. Mulai dari magang di perusahaan atau organisasi-organisasi sosial, membangun desa, melakukan riset dan mengerjakan proyek kemanuasiaan. Selain itu, mahasiswa dapat merancang dan merintis wirausaha, melakukan pertukaran di dalam maupun luar negeri, atau mengajar di sekolah SD dan SMP melalui program Kampus Mengajar.“ ujar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) dalam video sambutan pembukaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) FKIP Universitas Pakuan, Jumat (17/09/2021).

Selaras dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Sandi Budiana, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, FKIP Universitas Pakuan sekaligus pemateri juga menyampaikan mengenai program – program MBKM yang akan diterapkan pada mahasiswa baru FKIP Universitas Pakuan. Beliau juga memaparkan tahapan akademik serta sistem perkuliahan.

Artikel selengkapnya downlod di sini

 

 

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Alamat: Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor. Jawa Barat 16143. Indonesia | Telp: 0251-8375608 | Fax: 0251-8375608 | Email: fkip@unpak.ac.id