Bimtek Literasi dan Numerasi dalam Pembelajaran Biologi bagi Guru-guru Biologi SMA Se-Kab. Bogor

 

FKIP - Program Studi Pendidikan Biologi bekerjasama dengan Program Studi PPG dan MGMP Biologi SMA Kabupaten Bogor mengadakan Bimtek Literasi dan Numerasi dalam Pembelajaran Biologi bagi Guru-guru Biologi Tingkat SMA Se-Kabupaten Bogor pada hari Sabtu (02/03/2024) di Aula Gedung FKIP. Tujuan dari kegiatan ini, yaitu untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi Guru-Guru Biologi SMA Se-Kabupaten Bogor khususnya dalam mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi dan numerasi siswa.

Kegiatan Bimtek diawali dengan acara penerimaan Guru-guru Biologi Tingkat SMA Se-Kabupaten Bogor oleh pimpinan FKIP Universitas Pakuan di aula FKIP. Selain itu juga ada sambutan dari Pengawas Pembina MGMP Biologi Kab. Bogor, yakni Nenty Hariyanti, S.Pd., M.Pd.. Selanjutnya dilakukan Penandatanganan Naskah Kerjasama antara FKIP Universitas Pakuan dengan MGMP Biologi SMA Kabupaten Bogor.

Kegiatan dilanjutkan dengan Workshop/Bimbingan Teknis Literasi dan Numerasi dalam pembelajaran Biologi oleh dosen Prodi Pendidikan Biologi sebagai narasumber, yakni Dr. Surti Kurniasih, M.Si dan Desti Herawati, M.Pd. Materi yang diberikan antara lain berupa Penguatan Literasi dan Numerasi bagi Siswa, Penyusunan perangkat pembelajaran biologi berbasis literasi dan numerasi, dan presentasi rancangan pembelajaran berbasis literasi dan numerasi.

Penguatan Literasi Numerasi ini sebagai bentuk penyiapan generasi muda atau sumber daya manusia dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat dalam segala lini kehidupan. Perubahan ini perlu diantisipasi dengan mempersiapkan  generasi penerus yang memiliki kompetensi atau keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking), kreativitas (Creativity), komunikasi (Communication), dan kolaborasi (Collaborative). Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam peningkatan ke empat kompetensi atau keterampilan di atas adalah melalui penguatan literasi.

Literasi adalah kemampuan untuk memaknai informasi secara kritis sehingga setiap orang dapat mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Terdapat 6 (enam) literasi dasar yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, literasi budaya dan kewargaan. Literasi baca tulis dan numerasi merupakan kompetensi yang bersifat mendasar yang perlu dikuasai oleh peserta didik karena kemampuan berpikir menggunakan bahasa serta matematika diperlukan dalam berbagai  konteks, baik personal, sosial, maupun profesional.

Kegiatan diikuti oleh 70 peserta (Guru-guru Biologi SMA Se-Kabupaten Bogor, dan 7 orang Dosen Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan. Selama kegiatan, peserta diberikan penguatan konsep terkait literasi dan numerasi di dalam pembelajaran biologi, serta diberikan pendampingan dalam penyusunan perangkat pembelajaran berbasis literasi dan numerasi.

Perangkat pembelajaran yang dirancang meliputi modul ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, dan asesmen. Sebelum menyusun perangkat, terlebih dahulu peserta secara berkelompok mendiskusikan Lembar Kerja yang diberikan oleh tim dosen sebagai kerangka acuan dalam menyusun perangkat pembelajaran. Setelah melaksanakan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan Guru-Guru Biologi SMA khususnya dalam mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi dan numerasi siswa. Peserta juga diberikan angket respon pelaksanaan kegiatan tersebut.

Hubungi Kami

Alamat:
Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143. INDONESIA.

  • Phone: 0251 - 8375 608
  • Email: fkip@unpak.ac.id

Lokasi Kampus